EFESIENSI KOMPRESOR TERHADAP MODIFIKASI SUSUNAN PIPA EVAPORATOR REFRIGERATOR

  • BARITA SIREGAR Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Medan
  • ESWANTO ESWANTO Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Medan
  • NAEK TUA PASARIBU Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Medan

Abstract

Kompresor dengan pembebanan yang sama dalam keadaan modifikasi ataupun standart sangatlah berbeda efesiensinya dan Coefisien prestasi dalam suatu mesin pendingin,dalam hal ini pengujian dalam keadaan standart lalu modifikasi evaporator berbentuk segitiga tanpa sirip(plat) dan pengujian setelah dimodifikasi sangatlah memperjelas perbedaan efesiensi kompresor yang terjadi dalam suatu sistem pendingin. Dari hasil pengujian kompresor pada Refrigerator merk Samsung model DA99-01516R dengan pembebanan yang sama, nilai efesiensi tertinggi 99,51% dengan Coefisien prestasi 2,58 di dapat pada keadaan standart dan nilai efesiensi tertinggi 98,86 dengan Coefisien prestasi 2,47 dalam keadaan modifikasi susunan pipa evaporator. Sehingga dari hasil pengujian efesiensi kompresor keadaan standart lebih baik dari efesiensi dalam keadaan modifikasi evaporator.

##submission.citations##

. J.P. Holman, Alih Bahasa Ir. E. Jasjfi M.Sc, “Perpindahan Kalor”, Edisi Keenam, Penerbit Erlangga.

. Richard C. Jordan, Second Edition 1962 “Refrigeration and Air Conditioning”,.

. Reynolds C. William, 1994, “Thermodinamika Teknik”, Second Edition, Terjemahan Filono Harahap, Erlangga

. Sularso Haruo Tahara, 1985, ”Pompa dan Kompresor, Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan” Edisi ke – 2, Pradnya Paramita, Jakarta,

. Wilbert F. Stoecker Jerold W. Jones, Alih Bahasa Ir. Supratman Hara, “Refrigeration dan Pengkondisian Udara” Edisi Kedua, Penerbit Erlangga.

Published
2015-05-11
Section
Artikel